Ndikkar Karo Adalah seni Bela diri Milik suku karo yang diajarkan dan dikembangkan hingga kini. Diasuh oleh Perguruan Pencak Silat Teratai Suci Indonesia

Translate

Selasa, 17 Juli 2012

Profil Pesilat Ndikkar

lahir : 6 juni 1972, di Kabanjahe
Tempat Tinggal : Kabanjahe  
Sebenarnya Pesilat ndikkar masih terdapat beberapa orang di Tanah karo termasuk yang menjadi pelatih di PPS Teratai Suci sendir. Namun karena kendala waktu dan kesibukan maka pertama yang kami hadirkan adalah Profil dari pak Ibnu Tanjung.

Pak Ibnu Tanjung adalah seorang kepala rumah tangga biasa yang memiliki tiga orang anak. Adalah seorang pelatih utama Perguruan Silat Teratai suci yang ada di kabanjahe. Akrab dipanggil bang Brewok oleh Rekan-rekan nya (mungkin karena pernah Brewok hehehe).

Yang spesial dari guru Pesilat kita yang satu ini adalah dasar silat yang dia miliki yaitu Ndikkar Karo. Ndikkar, adalah Seni bela diri yang berasal dari Tanah karo dan merupakan Seni beladiri yang sangat langka dijaman sekarang ini termasuk di tanah karo sendiri.

Di masa sekarang ini Ndikkar telah jarang dikenali atau pernah didengar bahkan oleh pemuda pemudi suku Karo sendiri. Atas keprihatinan ini lah seorang pesilat seperti Pak Ibnu menjadi tergerak hatinya untuk melestarikan Seni beladiri Ndikkar yang juga merupakan salah satu Wajah budaya Suku Karo.

Kilas balik Kisah Pak ibnu selama dia mempelajari sampai menjadi Guru Silat Ndikkar sekarang ini adalah dimulai sewaktu dia masih berusia 12 Tahun. pada usia yang muda pak Ibnu mempelajari Ndikkar kepada seorang guru Ndikkar Limbe Tarigan di Kabanjahe.

Setelah cukup berlatih, pada Tahun 1988 pak Ibnu pun mengikuti ajang Pertandingan Kejuaraan Silat tingkat daerah di lubuk Pakam dan meraih Gelar Juara-I. beranjak dari situ, Pada Tahun 1990 pak Ibnu kemuadia mengikuti Pertandingan Kejuaraan Silat tingkat Nasional dan berhasil meraih Juara-III dan pada tahun 1990 juga Pak Ibnu bergabung dengan Tim Pelatihan Daerah (Platda) Sumatra Utara.

Sejak itu lah Pak Ibnu tanjung mulai melatih silat di Teratai Suci Indonesia yang berada di Kabanjahe. Dengan Ndikkar Sebagai dasar silat yang dibawanya diajarkan Kepada Murid-murid nya. dan kini PPS Teratai suci Telah berkembang sampai ke Samosir.

Sampai sekarang ini pak Ibnu Tanjung Telah banyak membawa Murid-muridnya Meraih Prestasi di  ajang Pertandingan pencaksilat, itu juga akan kami hadirkan untuk anda dalam waktu dekat ini. Salut buat pak Ibnu Tanjung maju terus dalam Melestarikan Seni beladiri Ndikkar Karo, Hong!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar